Pages

Monday 3 June 2013

Mengenal Bunyi "beep" Pda PC atau Komputer

Sering kali kita mendengar komputer kita mengeluarkan bunyi (beep) disaat pertama kali kita hidupkan, dan sering kali juga bunyi tersebut menjadi tidak wajar di saat komputer kita ada masalah, tidak bisa hidup misalnya.
Sebetulnya komputer telah menyediakan fasilitas "Early Warning System" untuk mengetahui kondisi komputer. Apakah komputer siap digunakan dengan kondisi yang prima, ataukah komputer menyatakan tidak siap untuk digunakan dengan memberikan peringatan melalui pesan text ataupun bunyi. Pada saat komputer dihidupkan, komputer akan menjalankan serangkaian proses POST (Power On Self Tes) yang mendeteksi keadaan hadware yang terpasang pada sebuah PC 

Jika dalam deteksi dini tersebut ditemukan masalah, maka komputer melalui pc speaker akan memberikan serangkaian bunyi kode sebagai peringatan. Pesan kesalahan melalui bunyi “Beep” pada pc speaker (ada juga error masages berupa text) diartikan bahwa ada satu atau beberapa hardware yang dinyatakan bermasalah oleh komputer. Beberapa manufacture BIOS memberikan system bunyi dengan pengkodean yang berbeda.
Berikut arti kode bunyi "beep" pada sebagian besar BIOS.

Beep 1x pendek tidak ada masalah

Beep 1x panjang gangguan pada harddisk

Beep 1x panjang, 1x pendek gangguan pada mainboard

Beep 1x panjang, 2x pendek gangguan pada VGA

Beep 3x panjang gangguan pada keyboard

Beep pendek terus menerus gangguan pada power suplay (PSU)

Beep panjang terus menerus gangguan pada memori


Gangguan yang ditunjukkan oleh bunyi tersebut tidak selalu diartikan pheriperal tersebut rusak, akan tetapi bisa juga karena pemasangan yang tidak presisi, kondisi slot yang sudah aus, ataupun penempatan card pada slot yang tidak sempurna.

0 comments:

Post a Comment