Pages

Wednesday, 20 February 2013

Mari Belajar Dasar-dasar Bahasa Korea


Mengetahui dan mengerti banyak bahasa memang asyik sob..Nah postingan kali ini, saya ingin berbagi percakapan dasar bahasa Korea,cukup dengan belajar kata-kata dasar yang sering kita dengar di drama. Nah, bagi kalian pecinta film drama kudu mesti baca nich dank lo menurut sobat banyak kekurangannya tolong diralat yach. Ini ada beberapa kata sapaan yang sering kita dengar, anyway gw juga akan menulis huruf hangul nya. saya dapat dari suatu situs, tapi lupa namanya…udah lama dapatnya…
Selamat Pagi
Selamat Siang
Selamat Malam
안녕하세요?
안녕하십니까(F)
Annyong haseyo?
Annyong hashimnikka? (F)
Selamat Jalan
(utk kalo mau pergi)
안녕히 가세요.
안녕히 가십시오(F)
Annyonghi kasayo.
Annyonghi kashipshiyo. (F)
Selamat Jalan
(utk kalo yang tinggal)
안녕히 계세요.
안녕히 계십시오(F)
Annyonghi kyesayo.
Annyonghi kyeshipshiyo. (F)
Selamat Tidur
안녕히 주무십시요(F)
Annyonghi jumushipsiyo. (F)
Apa Kabar?
(Kalo baru kenalan)
처음 뵙겠습니다(F)
Ch’oum poepgetsumnida. (F)
Nama Saya adalah _____.
저는 ___ 입니다(F)
Chonun ______ imnida. (F)
Apa Kabar?
어떠십니까(F)
Ottoshimnikka? (F)
Hallo?
(menjawab telepon)
여보세요?
Yoboseyo?

—————————————————————————————————
Iya
.
Ne.
Tidak
아니요.
Aniyo.
Terima Kasih.
감사합니다(F)
Kamsahamnida. (F)
Saya Minta Maaf.
미안합니다(F)
Mianhamnida. (F)







————————————————————————————————–


MENGENAL KALIMAT DALAM BAHASA KOREA

Dalam Bahasa Korea, kalimat dapat sedikitnya dikelompokkan dalam 5 ( lima ) jenis yaitu  Kalimat pernyataan atau kalimat berita ( Declarative ), kalimat pertanyaan ( Interrogative ),  Kalimat perintah ( Imperative ), Kalimat ajakan ( propositive ) dan jenis kalimat seruan ( Exclamatory ).
Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengenalkan  2 ( dua ) kalimat dulu, semoga pada postingan yang akan datang dapat diteruskan, insya Allah. Dengan dua kalimat ini, kita sudah bisa membuat sebuah percakapan dalam bahasa Korea walaupun sederhana.
I. Kalimat pernyataan ( Declarative )
Kalimat adalah kumpulan dari kata yang telah memberikan makna atau pengertian.  Kalimat pernyataan di sini yang saya maksudkan adalah kalimat berita ( informatif ) baik berbentuk positif ataupun negatif. Sebagai contohnya adalah sebagai berikut :
1. 저는 집에 갑니다 ( jeoneun jibe gamnida ) Saya pergi ke rumah ( pulang )
2.
나는 책을 읽습니다 ( naneun chaegeul irkseumnida ) Aku membaca buku.
Kedua contoh kalimat di atas digunakan dalam suasana formal. sedangkan dalam suasana informal kita bisa menggunakan kalimat sebagai berikut :
1.
아무 것도 없네요amu geotdo hal su eomneyo ) Tak ada sesuatupun yang bisa aku kerjakan.
2.
하늘에 별들이 반짝 반짝 빛나네요haneure byeoldeuri banjjak banjjak bitnaneyo ) Bintang-bintang nampak gemerlapan bercahaya di langit.
3.
나는 시장 에서 바나나를 사겠다naneun sijang eseo bananareul sagetda ) Saya akan membeli pisang di pasar.
Catatan :
1. Untuk membentuk  bentuk negatif, bisa dengan menggunakan akhiran
/ 아니다 ( i / ga anida ), misalnya : 나는 학생이 아니다Naneun haksaengi anida ) Saya bukan seorang pelajar.
2. Membentuk negatif juga bisa dengan merubah kata
있다 (itda ) menjadi 없다 ( opda) misalnya : 책상에 책이 없다 ( chaeksange chaeki opda )  Di meja tidak ada buku.
3. Juga bisa dengan merubah dari
알다alda )  ke dalam kata  모르다moreuda) misalnya : 그분은 한국 말을 모른다 ( keubuneun hanguk mareul moreunda ) Beliau itu tidak mengerti bahasa Korea.
4. Juga bisa menambahkan
atau    dan juga bisa juga menggunakan dan 못하.  Contohnya : 리나 학교에 안갔습니다Lina hak gyoe an gasemnida ) Lina tidak pergi ke sekolah. Dan juga misalnya : 이마는 학교에 가지 못했습니다Imaneun hak gyoe gaji mothessemnida ) Ima tidak bisa pergi ke sekolah.
5. Dalam bentuk formal, Predikat pada kalimat pernyataan di akhiri dengan kata
니다 atau 습니다, sedangkan dalam kalimat informal, digunakan kata … atau ….
II. Kalimat Pertanyaan ( Interrogative )
Walaupun dalam percakapan biasa bisa hanya dengan menaikan intonasi bicara, namun pada dasarnya kalimat pertanyaan dalam bahasa Korea memiliki aturan tersendiri. Dalam hal ini kita ambil contoh :
1.
무슨 잡지를 읽으십니까? (museun japjireul ilgeusimnikka? ) Majalah apa yang Anda baca ?
2.
학생이 도서관에 많습니까 ? ( haksaengi doseogwane manseumnikka ? ) Apakah banyak pelajar di Perpustakan ?
2 ( dua ) contoh ini adalah contoh bentuk formal.  Contoh lain adalah :
1.
그것이 무슨 인생이라 말할 있겠느냐.( geugeosi museun insaengira malhal su itgenneunya ) …bisa dikatakan kehidupan apakah itu?
2.
이게 사랑인가요?  ( ige sarang ingayo ) Apakah ini cinta..?
3.
그댄 이렇게 맘을 아프게 하나요 ? ( geudaen wae ireoke nae mameul apeuge hanayo? )Engkau mengapa membuat hatiku sakit seperti ini ?
Catatan : 
1. Biasanya sebuah kalimat pertanyaan diawali dengan kata tanya antara lain : a.
무엇 (muos )apa .contoh = 무엇을 마십니까 ? ( muoseul masimnikka? ) minum apakah anda?
b.
누구Nugu )siapa . contoh = 그분이 누구예요geubuni nuguyeyo ) orang itu siapa?
c.
어디Odi ) dimana, kemana . 사무실이 어디예요samusili odiyeyo ) dimana kantornya ?
d.
언제 ( onje ) Kapan . contoh = 언제 한국애 왔어요onje hanguke wassoyo ? ) Kapan anda datang ke korea?. Dan masih banyak kata-kata pertanyaan yang dapat digunakan untuk membuat kalimat pertanyaan.
2. Dalam bentuk formal, Predikat pada kalimat pernyataan di akhiri dengan kata
니까 atau 습니까, sedangkan dalam kalimat informal, digunakan kata …느냐 atau …는가.
Wah ternyata 2 ( dua ) kalimat saja bila dijelaskan bisa panjang sekali dan melelahkan yang nulis. Tentu bagi siapa saja  yang membaca, saya harap bisa melengkapi, menambahkan dan mengkoreksi bila salah, serta menanyakan bila kurang jelas. 

Dibawah ini saya juga melampirkan contoh penggunaan bahasa korea beserta contohnya:
Minjee : Eoseowa (selamat datang)
Donghae : Saengil chukhahae. Igeo saengil seonmuriya (selamat ulang tahun, ini hadiah ny)
Minjee : Gomawo. Jinjja yeppeuda (Makasih, sangat cantik)
Donghae : Maeume deureo? (senang?)
Minjee : eung, maeume ssok deureo (ya, hatiku senang sekali)
Nah… yang ini isi kartu ucapan dari donge ._.v
Minjee~ya,
Saengil chukhahae. Neohante eoullil geot gataseo tisyeocheureul hana sasseo. Ne maeume deureosseumyeon jokesseo. Eonjena chinhage jinaeja.
(Selamat ulang tahun ya, aku belikan satu t-shirt yg nampak serasi buatmu, semoga kau senang. Kita akan selalu akrab sampai kapan pun)
Donghae^^
PS ::
*) johda = bagus, baik
*) nappeuda = jelek, jahat
*) yeppeuda = cantik
*) meositda = tampan
*) gweyepda = manis, imut
*) ot = baju
*) son bal = sepatu
*) mogeoli = kalung
*) inhyeong = boneka
*) cheg = buku
*) eumag CD = CD musik
*) jajeongo = sepeda
*) kompyuteo = komputer
— WISH —
*) Dijeuniraendeue gasseumyeon jokesseo (Semoga saya bisa pergi ke Disney Land)
*) Chinhage jinaesseumyeon jokesseo (semoga kita jadi teman dekat)
*) Maeume deureosseumyeon jokesseo (aku berharap kamu senang)
*) Nareul jom dowajwosseumyeon jokesseo (semoga kau membantuku)
*) Oesikhaesseumyeon jokesseo (aku brharap kau telah makan di luar)
– Ekspresi ketika memberi/menerima hadiah –
*) maeume deureo? (kau suka?)
*) eung/geureom (ya)
*) mulloniji (pasti)
*) eung, maeume ssok deuro (ya, aku sangat suka)
ini ada catatan kalimat” bahasa korea ::
*) Dwaegeoneun (tolong jgn bicara lagi)
*) Nomu kamkyeokhaeso nunmuri nanda (menyentuh bgt sampe mau nangis)
*) Dangguniji (saya berani taruhan/yakin bgt)
*) Nae seongjil geondeurijima (jangan bikin saya grogi)
*) Niga nahante eotteohke geureol su ini? (bagaimana bisa kau lakukan ini padaku)
*) Mianhae hal gotkkajineun obso (gak ada yg perlu dimaafkan)
*) I jit i jigeowo jugetseo (ini menyebalkan!)
*) Ya, chingu chodaneun ge mwoya? (ayolah, kita teman kan?)
*) Dugoboji (tunggu aja!)
*) Momi jjibudunghada (saya cape bgt)
*) Ohae hajimaseyo (jgn salahkan aku)
*) Ni mamdaero haseyo (di bikin enak aja)
*) Jaeneun nallariya (dia itu playboy)
*) ya~ sinnanda (yah, ini menyenangkan)
*) Nege seobseobhada (saya kcewa sama kamu)
*) Akkawara! (sia” saja)
*) Kkumkkae (yg bener aja)
*) Aigo jinjja utjinda (ini sangat bodoh)
*) Wae sani? (lagi mikirin apa?)
*) Naege haengeureul bireo jwo! (doain aku beruntung)
*) omo, bukkeurowo (ya ampun, malu bgt)
*) Neut otdago saenggakhal ddaega kajang ppareul ddaeda (lebih baik terlambat dripda tdk sama skali)
*) sarangi sigottguna (cinta itu telah hilang)
*) Modeun ke gwichanah (semuanya butuh perjuangan)
*) Oneul gibuni eottaeyo? (bagaimana perasaan Anda hari ini?)
^____^



Reactions:

1 comments:

Post a Comment